KIB Diharapkan tetap Solid di Tengah Dinamika Koalisi Menuju Pemilu 2024

- Rabu, 25 Januari 2023 | 17:58 WIB
Foto Istimewa iNSulteng KIB Solid
Foto Istimewa iNSulteng KIB Solid

iNSulteng - Dinamika koalisi menuju Pemilu 2024 semakin intensif dengan manuver sejumlah partai politik.

Untuk itulah KIB atau koalisi Indonesia Bersatu yang terbentuk paling awal diharapkan tetap solid demi menjaga soliditasnya.

Hal itu disampaikan Pengamat Politik Citra Institute, Yusak Farchan, hari ini. Dikatakannya, KIB yang terdiri dari Partai Golkar, PAN dan PPP, mereka sudah memiliki suara yang cukup untuk maju. Tinggal bagaimana menjaga kekompakan mereka agar tetap solid.

Baca Juga: Kapolri Instruksikan Jajarannya Bantu Program Pemerintah Turunkan Angka Stunting di Indonesia

“Modal dasar KIB kan sudah 25,8% kursi, terbesar kedua di antara poros-poros koalisi yang sejauh ini terbentuk. Jadi harus terjaga soliditas nya,“ ujar Yusak.

Dinamika koalisi akhir-akhir ini semakin menarik setelah Partai Kebangkitan Bangsa dan Partai Gerakan Indonesia Raya mendeklarasikan sekretariat bersama. Selain itu, muncul isu bahwa sejumlah parpol akan menyebrang koalisi.

Meskipun sejumlah isu santer diwacanakan, namun menurut Pendiri lembaga survei Kelompok Diskusi Dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) Henri Satrio, langkah tersebut dinilai tidak mengubah peta politik. Ia mengungkapkan manuver politik tersebut tidak berarti apa pun jika tidak disertai dengan deklarasi capres.

Baca Juga: Pelaku Pembakar Wanita Penculik Anak di Sorong Akhir di Tangkap, Netizen: Kasih Hukuman Setimpal

"Gerindra-PKB kan baru sekretariat itu, belum deklarasi. Jadi sebenarnya kondisinya sama sekali belum berubah. Sekretariat ya sekretariat saja, kan gedung, bisa dibubarkan itu. Berbeda kalau sudah ada deklarasi capres-cawapres," terang sosok yang akrab disapa Hensat itu.

Halaman:

Editor: Eka Putra Budiana Datu

Tags

Terkini

X