Menko Airlangga: Lawan Krisis Global, Menuju Kemandirian Energi dengan Kurangi Ketergantungan Impor BBM

- Selasa, 24 Januari 2023 | 17:47 WIB
Foto Menko Airlangga dari Instagram @airlanggahartarto_official
Foto Menko Airlangga dari Instagram @airlanggahartarto_official

iNSulteng - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian atau Menko Airlangga Hartarto mengatakan Indonesia bisa berdikari dalam bidang energi jika bisa melepas ketergantungan BBM.

Indonesia pun memiliki sejumlah sumber energi terbarukan yang bisa digunakan, namun masih ada tantangan yang dihadapi.

“Indonesia berdikari energi, ketergantungan di sektor otomotif, yaitu BBM, selama BBM bisa kita convert, bisa biodiesel dan kombinasi EV, tentu tujuan untuk kemandirian energi bisa dicapai. Tetapi diantaranya kita harus memanfaatkan resource batubara yang besar, coal to liquid, jadi antara agar ketergantungan pada impor bbm bisa dikurangi,“ ujar Menko Airlangga di acara Diskusi Berdikari, Lawan Krisis Global dengan Ketahanan Energi, di Jakarta hari ini Selasa, 24 Januari 2023.

Baca Juga: Jepang Dengan Hukum Negaranya yang Aneh, Usia Persetujuan Seksual Umur 13 Tahun, Cek Fakta!!

Indonesia juga memiliki potensi besar untuk memproduksi solar panel.

“Ada berkembang pabrik kaca, solar panel ini basinya kaca, atau silika yang bahan baku di indonesia miliki,“ tambah Menko Airlangga.

Belum lagi kekayaan alam, ribuan pulau, danau, laut, Indonesia bisa menjadi renewable energi terbesar di Asia. Menko Airlangga yang juga Ketua Umum Partai Golkar ini menambahkan, pemerintah belajar teknologi Clean Coal dari Jepang.

Baca Juga: KLARIFIKASI KPK: Berita YouTube Hoaks, Penangkapan Pelaku Korupsi pada Penyertaan Modal Sebut Kepala Daerah

“Negara tetangga bicara clean coal tech, Jepang menguasai teknologi berbasis nuklir terkait renewable energy. Indonesia ditawarkan energi berbasis nuklir. Kita punya sumber uranium di Kalimantan Barat,” jelas Menko Airlangga.

Halaman:

Editor: Eka Putra Budiana Datu

Tags

Terkini

X